Rabu, 03 Juli 2013

PERTOLONGAN PERTAMA PADA PENDARAHAN

PENGERTIAN
Adalah jenis perdarahan luar, yaitu perdarahan yang terlihat keluar dari suatu luka. pada banyak kasus perdarahan berhenti setelah 5 sampai 10 menit dengan pertolongan pertama yang benar.
--> beberapa cara dapat mengatasi atau menghentikan perdarahan. yang pertama kali dilakukan adalah menentukan lokasi sumber perdarahan atau luka kemudian lakukan cara penekanan langsung diatas luka dengan tangan yang dilapisi perban steril atau kain yang bersih, jangan mencabut benda apapun yang tertancap pada luka. bila perdarahan tidak berhenti tambahlah dengan usaha mengangkat bagian tubuh yang terluka lebih tinggi dari jantung, luka tetap ditekan. 



--> bila perdarahan tetap tidak berhenti lakukan penekanan pada titik tekan asal pembuluh darah nadi terdekat. bila ketiga usaha diatas gagal dapat dilakukan pemasangan tourniquet bila perdarahan terjadi di anggota badan tangan atau kaki dan segera rujuk ke rumah sakit. bila dengan usaha pertolongan pertama perdarahan berhenti langkah selanjutnya adalah mengatasi syok, merawat luka dan segera rujuk ke rumah sakit.


0 komentar:

Posting Komentar